Senin, 02 Januari 2012

KOANA ATRESIA




Choanal atresia adalah suatu kelainan bawaan dimana bagian belakang dari rongga hidung (choana) diblokir, biasanya oleh jaringan tulang atau lunak yang abnormal terbentuk selama perkembangan janin.

Presentasi
Hal ini dapat unilateral atau bilateral.
Terkadang, atresia choanal unilateral tidak terdeteksi sampai jauh di kemudian hari karena bayi berhasil mendapatkan bersama dengan hanya satu lubang hidung tersedia untuk bernapas.
Choanal bilateral Atresia adalah kondisi yang mengancam jiwa sangat serius karena bayi kemudian akan mampu bernapas secara langsung setelah lahir seperti bayi yang bernapas hidung obligat (mereka harus menggunakan hidung mereka untuk bernapas). Dalam beberapa kasus, hal ini dapat hadir sebagai sianosis saat bayi menyusu, karena saluran udara lisan yang diblokir oleh lidah, lebih membatasi jalan napas. Sianosis dapat memperbaiki saat bayi menangis, sebagai saluran napas oral digunakan pada saat ini. Bayi-bayi ini mungkin memerlukan resusitasi jalan napas segera setelah lahir.

Terkait kondisi
Kadang-kadang bayi lahir dengan atresia choanal juga memiliki kelainan lainnya:
coloboma
cacat jantung
keterbelakangan mental
gangguan pertumbuhan
lain (lihat juga sindrom BIAYA)
Juga ada kondisi yang menyebabkan depresi yang signifikan dari jembatan hidung atau retraksi midface dapat dikaitkan dengan atresia choanal. Contoh termasuk sindrom craniosynostosis yang seperti Crouzon sindrom, sindrom Pfeiffer, dan Antley-Bixler sindrom.

Diagnosa
Choanal Atresia dapat dicurigai jika tidak mungkin untuk memasukkan kateter hidung. Juga, jika seseorang pemberitahuan aliran kontinu lendir mengalir dari salah satu atau kedua lubang hidung, bisa menjadi tanda sebuah atresia. Diagnosis dikonfirmasi oleh pencitraan radiologi, CT scan biasanya.

Pengobatan
Pengentasan sementara dapat dicapai dengan memasukkan saluran napas mulut ke mulut. Namun, satunya pengobatan definitif adalah operasi untuk memperbaiki cacat dengan perforantes atresia untuk membuat saluran napas nasofaring. Jika penyumbatan ini disebabkan oleh tulang, ini dibor melalui dan stent dimasukkan. Pasien harus memiliki ini tersedot oleh mesin vakum udara. Dan dalam hidup kemudian sebagai remaja atau awal dua puluhan lubang harus dibor ulang yang lebih besar.
Stent mungkin dimasukkan untuk menjaga jalan napas paten baru terbentuk atau dilatasi berulang dapat dilakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar