Senin, 02 Januari 2012

KORPUS ALIENUM (BENDA ASING)





Sebuah benda asing (bahasa Latin: corpus alienum) adalah setiap objek yang berasal dari luar tubuh. Pada tubuh, dapat berarti objek mengganggu dan tidak diinginkan.
Kebanyakan benda asing melibatkan secara propulsi melalui lubang alami ke dalam organ berongga.
Benda- benda asing dapat inert atau menjengkelkan. Jika mereka mengiritasi ,mereka akan menyebabkan peradangan dan jaringan parut. Mereka (korpus alienum) dapat membawa infeksi ke dalam tubuh atau memperoleh agen infeksi dan melindungi mereka dari pertahanan kekebalan tubuh. Mereka bisa menghambat lorong-lorong baik oleh ukuran mereka atau oleh mereka menyebabkan jaringan parut. Beberapa dapat menjadi racun.
Baik anak-anak dan orang dewasa mengalami masalah yang disebabkan oleh benda asing terjebak dalam tubuh mereka. Anak-anak, khususnya, secara alami ingin tahu dan sengaja dapat menempatkan benda mengkilap, seperti koin atau baterai tombol, ke dalam mulut mereka. Mereka juga ingin tetap hal di telinga mereka dan sampai hidung mereka  Efek dari benda asing bisa sangat berbeda.. Sebagai contoh, koin menyebabkan tekanan lokal pada jaringan tetapi umumnya, bukanlah medis darurat untuk menghapus. Sebuah baterai tombol, yang dapat menjadi ukuran yang sangat mirip dengan koin, menghasilkan ion hidroksida pada anoda dan menyebabkan luka bakar kimia dalam 2 jam . Sebuah baterai tombol dicerna yang terjebak dalam kerongkongan adalah keadaan darurat medis.


Airways
Benda asing dapat memasuki saluran pernapasan.
Dalam satu penelitian, kacang adalah obstruksi yang paling sering. Selain kacang, hot dog, dan anggur, balon lateks juga merupakan bahaya tersedak pada anak-anak yang serius yang dapat mengakibatkan kematian. Sebuah balon lateks akan sesuai dengan bentuk trakea, menghalangi jalan napas dan membuat sulit untuk dilakukan pertolongan dengan manuver Heimlich.

Mata
Partikel udara dapat mengajukan di mata orang-orang pada usia berapa pun. Badan-badan asing sering menyebabkan alergi yang baik sementara atau bahkan berubah menjadi alergi kronis. Hal ini terutama jelas dalam kasus partikel debu.
Hal ini juga mungkin bagi objek yang lebih besar untuk mengajukan mata. Penyebab paling umum dari benda asing intraokular adalah debu.

Kulit / jaringan
Bedah jahitan. H & E noda.
Dengan kekuatan yang cukup (seperti dalam penembakan peluru), sebuah badan asing dapat menjadi bersarang ke dalam hampir setiap jaringan. Serpihan benda asing yang umum di kulit. Infeksi Staphylococcus aureus sering menyebabkan bisul untuk membentuk di sekitar mereka.
Profilaksis tetanus mungkin tepat [8].

Lain-lain
Asing materi dalam pembuluh darah akibat prosedur embolisasi.
Talcosis dari paru-paru akibat penggunaan narkoba suntikan. H & E noda.
Badan-badan asing juga bisa menjadi bersarang di lokasi lain:
telinga
hidung
Vagina
uretra
pembuluh darah




Tidak ada komentar:

Posting Komentar